Pupuk Organik Cair vs Tabur

Pupuk Organik Cair vs Tabur

Sebagian besar pupuk organik yang beredar di pasaran berbentuk cair dan tabur. Dari segi penampilan, mereka memang berbeda yaitu yang cair berbentuk cairan konsentrat yang dilarutkan dalam air atau bubuk yang dapat dicairkan, sementara yang tabur berbentuk butiran padat. Namun perbedaan di antara keduanya tidak sampai di situ saja, seperti diulas di bawah ini.


Sumber foto: wisegeek.com

Pupuk organik cair biasa disemprotkan langsung pada tanaman. Maka dari itu, nutrisi dalam pupuk organik cair akan lebih cepat diserap oleh tanaman dan cepat bekerja untuk memicu pertumbuhan tanaman. Pupuk cair akan lebih cepat bekerja karena langsung disemprotkan mengenai sasaran.


Sumber foto: Company archive

Sementara pupuk tabur sesuai namanya harus ditaburkan / ditebarkan ke ladang. Butiran-butiran pupuk yang jatuh ke tanah harus mencair dan terurai dahulu, baru nutrisinya dapat dilepaskan secara perlahan dan diserap oleh tanah dan tanaman. Proses ini membutuhkan waktu, sehingga jelas bahwa pupuk tabur akan bekerja lebih lambat dari pupuk cair dan membutuhkan waktu yg lebih lama untuk menunjukkan hasil nyata. Untuk masa pengaplikasiannya, pupuk cair baik digunakan kapan saja, sementara pupuk tabur dapat dicampur dengan tanah sebelum tanam. Hal yang perlu diwaspadai adalah pada saat turun hujan. Apabila baru saja diaplikasikan kemudian turun hujan, aliran hujan dapat membawa serta pupuk cair dan pupuk tabur sehingga tidak ada nutrisi yang diserap tanaman. Namun jika beberapa hari setelah diaplikasikan turun hujan, aliran hujan hanya membawa serta pupuk tabur. Pasalnya, pupuk cair terserap lebih cepat daripada pupuk tabur sehingga pupuk tabur yang belum sepenuhnya terurai akan hilang terbawa air, dalam kata lain, tanaman akan kekurangan nutrisi.

Dari penjelasan di atas, Anda mungkin bertanya-tanya di antara cair atau tabur manakah yang lebih baik. Perdebatan cair vs tabur tidak akan ada ujungnya sebab tiap orang punya pilihannya sendiri-sendiri. Namun, untuk para pengguna Super Max, Anda tak perlu bingung. Pupuk organik cair Super Max dapat dipakai bersama dengan pupuk tabur, sehingga apabila Super Max disemprotkan ke tanaman maka pupuk tabur dapat ditebarkan di tanah. Selain itu, Super Max mempunyai kelebihan yang justru mendukung pembuatan pupuk organik tabur. Super Max dapat membantu dalam proses fermentasi pupuk organik tabur / pupuk kandang. Testimoni mengenai topik ini dapat dilihat di sini. Super Max sendiri merangkap kelebihan-kelebihan pupuk tabur, seperti dapat dicampur di tanah sebelum tanam, serta pemakaian irit dan ekonomis. Jelaslah bahwa Super Max adalah all in one paket yang Anda butuhkan untuk tanaman Anda!

Copyright ©2016 PT. Salimas Citra Kencana.  All rights reserved.