Si Kembang Malam Nan Misterius

Si Kembang Malam Nan Misterius

Epiphyllum oxypetalum alias wijaya kusuma adalah bunga yang hanya mekar di malam hari dan layu ketika pagi hari, serta menebarkan bau khas yang wangi ketika mengembang. Oleh karena keunikannya itu, bunga ini terkesan misterius. Walaupun berasal dari Amerika Selatan, bunga ini dianggap mengandung mitos Jawa. Konon zaman dulu raja-raja Indonesia yang akan naik takhta harus memetik bunga wijaya kusuma dalam keadaan mekar, padahal bunga ini biasanya hanya mekar setahun sekali. Selain itu, masyarakat Jawa percaya bahwa pemilik bunga ini akan mendapatkan rejeki jika bunga ini mekar. Legenda-legenda lain seputar bunga ini juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Di balik kemisteriusannya, bunga wijaya kusuma juga mempunyai penjelasan ilmiah. Bunga ini merupakan tumbuhan tropis jenis kaktus karena batangnya keras, berbentuk silindris, tingginya bisa mencapai 3 meter. Daunnya pipih, memanjang, dan panjangnya berkisar antara 10 – 15 cm. Pada tepi daun itulah tumbuh daun baru dan bunga. Bunga pada awalnya berupa kuncup dengan tangkai merah muda yang nantinya akan memanjang, sehingga bunganya menjuntai ke bawah. Biasanya bunga yang keluar pada awal-awal hanya sedikit kira-kira 3 – 5 bunga, namun apabila perawatan dan pemupukannya benar, semakin tua akan semakin banyak bunganya. Dengan diberi pupuk organik cair Super Max, tumbuhan yang masih berumur beberapa bulan ini dapat memproduksi 11 bunga dan selama ini, bunga sudah mekar sebanyak 3 kali.

bunga wijaya kusuma tampak samping

Bunganya berwarna putih dan mengeluarkan aroma khas yang kabarnya membuat bulu kuduk berdiri  ( terutama bagi mereka yang percaya mitos ). Buahnya bulat, berwarna merah dengan biji hitam. Bunga ini dapat dimanfaatkan sebagai parfum / pewangi dan berkhasiat untuk menetralisir pembekuan darah, obat anti radang, obat batuk, serta menyembuhkan luka abses.

Pertanyaannya, mengapa bunga wijaya kusuma hanya mekar di malam hari ? Ada teori yang menyatakan bahwa bunga wijaya kusuma harus menunggu temperatur malam hari untuk mencapai batas tertentu agar hewan penyerbuk keluar. Dengan wangi yang semerbak, hewan penyerbuk ( kelelawar ) tertarik untuk mendekat dan menyerbuki bunga sehingga menghasilkan buah.

Bunga wijaya kusuma yang dipandang sakti dan dijuluki ratu malam ini memang mengandung banyak misteri. Bunga ini begitu spesial dan unik sampai-sampai membuat orang takjub dan rela menghabiskan waktu demi menyaksikan proses mekarnya bunga. Orang-orang yang memelihara bunga wijaya kusuma mengakui merawat tumbuhan ini begitu menyenangkan apalagi pada saat bunganya mekar. Bagi Anda yang tertarik, dicoba saja merawat satu pot dulu. Siapa tahu Anda ketumpahan rejeki setelah bunganya mengembang.

Copyright ©2016 PT. Salimas Citra Kencana.  All rights reserved.