Ternyata…… Tanaman Juga Butuh Kasih Sayang

Ternyata…… Tanaman Juga Butuh Kasih Sayang

Layaknya manusia, tanaman juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang agar dapat berkembang baik dan menghasilkan. Bagaimana caranya kita menunjukkan kasih sayang kepada tanaman ? Beberapa cara sederhana yaitu menyirami, memberi pupuk dan nutrisi yang cukup, membersihkan dari rumput liar / gulma, mengobati ketika sakit / terserang hama. Bahkan, sebenarnya kita dianjurkan untuk mengajak tanaman kita berbicara mengenai hal-hal yang positif. Mereka memang tidak mungkin mengeluarkan kata-kata jawaban, namun mereka merespon balik dengan tumbuh sehat, segar, dan subur.

Berikut ini adalah salah satu bukti nyata bahwa tanaman dapat berkembang baik dengan kasih sayang dan perlakuan positif. Percobaan yang dilakukan oleh Dr. Masaru Emoto ini melibatkan nasi, yang merupakan salah satu contoh hasil tanaman. Sehingga, kesimpulan dari percobaan ini juga dapat diaplikasikan pada tumbuh-tumbuhan.

Sumber : YouTube / TheBizLife

Kita dapat menyaksikan bahwa setiap hari ia mengucapkan terima kasih pada nasi pertama. Pada nasi kedua, ia mengatakan bodoh. Sementara, nasi ketiga benar-benar diacuhkan dan dianggap tidak ada. Alhasil setelah sebulan, nasi pertama mulai berfermentasi dan menjadi sake ( minuman beralkohol khas Jepang ). Nasi kedua mengerak kehitaman dan nasi ketiga sungguh-sungguh membusuk. 

Penelitian ini sebenarnya lebih bertujuan untuk mengajak kita selalu bersikap dan berkata positif pada sesama kita. Namun di luar itu, kita dapat pula menyimpulkan bahwa perhatian dan kasih sayang pada makhluk hidup lain, dalam hal ini nasi, akan membuahkan hasil yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan. Nasi yang diberi kata-kata ‘terima kasih’ berfermentasi menjadi sake yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, namun nasi yang lainnya hanya menjadi timbunan sampah.

Dr. Masaru Emoto sudah membuktikan khasiat sikap positif pada nasi, sekarang giliran Anda mencurahkan kasih sayang pada tanaman dan lihat sendiri hasilnya !

Sumber foto ( atas ): mongabay.co.id 

Copyright ©2016 PT. Salimas Citra Kencana.  All rights reserved.